Yuk Waspada Listrik “Bocor” di Baja Ringan

Warga diharap waspada dengan saluran listrik di dalam rumah. Ditambah lagi, bila konstruksi tempat tinggalnya memakai baja ringan.

Ditengah-tengah musim hujan seperti sekarang ini, material baja ringan dipandang kurang baik jika didekatkan atau ditempelkan dengan sambungan listrik seperti lampu. Karena, ada peristiwa ironis, dimana seorang tersetrum saat membenarkan lampu di atap rumah yang memakai baja ringan.

Simak Juga :  baja ringan
Ketua Umum AKLI DKI Jakarta Puji Muhardi menjelaskan, saluran listrik memang tidak dapat disaksikan kasat mata walau telah mengalir ke benda padat seperti baja ringan. Walau demikian ada banyak hal yang dapat dilaksanakan apa baja ringan di dalam rumah ada saluran listrik atau mungkin tidak.

1. Trending Video Orang Tersengat Listrik

Sama dengan video berudarasi 49 detik yang menunjukkan masyarakat sedang menggotong mayat yang telah wafat dari atap rumah. Disangka orang yang dibawa itu meinggal sebab tersengat listrik.

Listrik

Mencuplik account instagram  seorang menggunakan kaos biru dengan celana hitam tengah digotong sebagian orang di atas atap rumah ke bawah. Saat tengah dikeluarkan dari atap, sebagian orang ikut ucapkan kaimat istghfar serta takbir.

2. Anjuran untuk Rumah dengan Baja Mudah

Artikel Terkait  : detail kuda kuda baja ringan

Dikatakan dalam info upload itu, minta ke semua masyrakat untuk waspada buat tempat tinggalnya menggunakan baja ringan. Karena baja ringan rupanya dapat membuat orang yang menyentuhnya dapat tersengat listrik alias kesetrum.

Baca : Lihat Langkah Kerja Isolator yang Membantu Kamu dari Kesetrum Arus Listrik

“Hati2 yang tempat tinggalnya pakai baja ringan sebab telah terlatih membenarkan kabel listrik di dalam rumah dengan konstruksi kayu, lupa saat rumah yang akan diperbaruinya baja ringan. Berarti bila ada tikus yang menghancurkan kabel serta memelekat dikonstruksi baja ringan karena itu semua konstruksi itu telah dialiri listrik,” catat account itu seperti diambil, Rabu (8/1/2020).

3. Cek Atap dengan Testpen

Salah satunya langkah yang sangat sederhana dengan memakai testpen listrik. Asal tahu saja, testpen dipakai untuk mengenali tidak ada atau adanya saluran listrik di satu penghantar listrik dengan satu tanda lampu.

READ  Jangan Lewatkan Alasan Pintu di Toilet Umum Tak Tertutup Sampai Bawah

Bila ada listrik dihentikan contact atau kabel listrik, karena itu lampu Tanda akan berpijar. Begitu juga kebalikannya, bila tidak ada saluran listrik karena itu lampu Tanda tidak berpijar.

Memakai testpen listrik, langkah ini termasuk termudah untuk dilaksanakan untuk hindari kesetrum listrik sebab ketidakjelasan ada saluran listrik di baja ringan. Karena langkah ini dapat dilaksanakan oleh siapa saja tak perlu teknisi spesial.

4. Naikkan Kesiagaan

Disamping itu, mendapatkan alat ini cukup gampang sebab banyak dipasarkan di beberapa toko atau mini pasar. Harga juga cukup dapat dijangkau sebab ada yang dipasarkan pada harga di bawah Rp10.000 per buah.

“Saluran listrik tidak dapat disaksikan dengan mata harus memakai beberapa alat simpel untuk memeriksa konstruksi baja ringan atau bangunan lain ada saluran atau mungkin tidak dapat dengan tespen. Harga gampang dan murah belinya,” tutur Puji.

5. Baja Mudah Aman Asal Tidak Tersentuh Listrik

Ketua Umum AKLI DKI Jakarta Puji Muhardi memberikan tambahan, baja ringan beresiko jika baja ringan itu teraliri oleh listrik. Tetapi bila cuma hanya baja ringan tanpa ada tersentuh aliaran listrik, baja ringan tidak mencelakakan.

Oleh karenanya, lanjut Puji, semestinya instalasi listrik terpasang dengan cara betul. Untuk menempatkan instalasi yang sesuai dengan tentu saja harus diberikan ke pakarnya serta bukan asal-asalan orang.

“Baja ringan tidak bisa nyetrum. Baja ringan baru dapat nyetrum orang jika konstruksi baja ringan itu teraliri listrik. Supaya tidak nyetrum instalasi listriknya harus di pasang secara benar oleh orang yang mempunyai kapabilitas di bagian itu,” tuturnya.

6. Instalasi Listrik Terpasang Dengan cara Betul

Semestinya instalasi listrik terpasang dengan cara betul. Untuk menempatkan instalasi yang sesuai dengan tentu saja harus diberikan ke pakarnya serta bukan asal-asalan orang.

“Supaya tidak nyetrum instalasi listriknya harus terpasang secara benar oleh orang yang mempunyai kapabilitas di bagian itu,” kata Puji.