Yuk Kenali Manfaat Pelapis Epoxy Lantai

Epoxy ialah material yang berperan untuk sealant (pelapis) untuk lantai beton. Arti epoxy coatings (pelapis epoxy) serta epoxy paints (cat epoxy) seringkali membuat orang rancu. Meskipun arti pelapis serta cat seringkali dipakai dengan cara berganti-gantian, tapi sebetulnya ada ketidaksamaan fundamental di antara pelapis lantai epoxy serta cat epoxy itu.

Cat epoxy, dengan cara material, adalah produk akrilik lateks yang mempunyai sebagian kecil epoxy dalam campurannya. Beberapa produk ini mempunyai daya lekat serta ketahanan yang lebih bagus dibanding cat akrilik standard, tapi tidak sama dengan pelapis lantai epoxy.

Baca Juga :cat dulux

Disamping itu, pelapis lantai epoxy sendiri adalah dua bahan elemen yang terbagi dalam resin epoxy serta penguat poliamina. Sebelum memakai pelapis lantai epoxy, ke-2 sisi harus digabungkan terlebih dulu. Tidak seperti cat, pelapis berbentuk cepat kering dan tahan pada proses pewarnaan tahan kimia serta abrasi.
Ketidaksamaan dalam Aplikasi serta Ketahanan
Satu hal yang tentu, cat umumnya bertambah gampang diterapkan dibanding pelapis. Dengan cat, aplikasi cuma cukup membersihkan permukaan lantai beton, biarkan substrat jadi kering, dan memakai satu atau dua susunan cat. Hasilnya, sesaat lantai bisa nampak bagus serta gampang ditangani, irit serta ringkas.

Artikel Terkait :harga cat akrilik
Tetapi, semasa beberapa waktu (atau sekian tahun bila cat pada keadaan paling baik), beton telanjang mulai akan nampak kusam, susunan cat mulai luntur, terlebih bila dipakai dalam tempat dengan jalan raya barang atau orang yang padat. Disamping itu, cat dapat gampang terkelupas.

Di lain sisi, pelapis lantai epoxy mempunyai ketahanan semasa sekian tahun lamanya. Skema pelapisan ini bertahan lama, tahan pada abrasi, serta di tempat lalu lintasnya padat, dan tahan bahan kimia. Pelapis ini tidak berpori, tidak terkelupas, dan tidak licin. Tetapi, pelapis lantai epoxy cukup memerlukan semakin banyak proses pembuatan, dari mulai persiapan, aplikasi primer, sampai finishhing.
Pelapis lantai epoxy perlu disiapkan permukaan yang pas, seperti shot blasting, grinding atau scarifying, supaya hasilnya maksimal. Skema pelapis terbagi dalam beberapa susunan dari mulai susunan primer, susunan pertama, susunan tengah, serta susunan atas–membuatnya bertambah tebal dari susunan simpel atau dua cat sekalinya.
Dari persiapan permukaan, sampai aplikasi usai, proses pelapisan epoxy diperlukan lebih dari yang Anda anggap untuk memberi lantai berlapis epoxy bermutu yang akan bertahan sepanjang tahun.

READ  Menghadirkan Kesan Unik pada Lantai dengan Potongan Marmer

Pelapis epoxy bisa dipakai di lantai untuk bangunan komersil, trotoar, serta pada dinding atau langit-langit gedung bertingkat, serta seringkali dipakai di lantai garasi. Berikut faedah dari pemakaian pelapis lantai epoxy:
Ketahanan yang lebih bagus: Lantai beton yang dilapis epoxy bertahan semakin lama dibanding yang dilapis cat biasa, hingga mengirit uang serta sangat mungkin Anda dapat konsentrasi mengurus usaha yang lain.
Kuat serta bertahan lama: sesudah epoxy dirubah jadi polimer padat, epoxy jadi benar-benar kuat serta menahan kerusakan kimia.
Mengirit waktu: pelapis lantai epoxy umumnya mudah dan cepat terpasang, yang bermakna semakin sedikit waktu untuk mematikan produksi instalasi bila dipakai di pabrik (shut down time).
Nilai estetika tinggi: pelapis lantai epoxy umumnya ada dalam beberapa warna serta skema supaya sesuai style detil Anda.
Tahan korosi serta bahan kimia: pelapis epoxy bisa bertahan walau terus terkena bahan kimia, hingga benar-benar pas untuk gudang atau tanaman yang kemungkinan terserang bahan itu.
Hal penting dari pemakaian pelapis epoxy ialah ongkos yang rendah untuk perawatan serta pembersihan. Jadi, sesudah beton dilapis pelapis lantai epoxy, tidak gampang keropos sebab disegel atau proses yang lain serta lebih gampang dibikin bersih.