Yuk Gunakan Papan Gipsum untuk Kamar Mandi, Lebih Praktis dan Efisien

Sekarang ini telah banyak tersedia langkah mengirit tenaga konstruksi untuk membuat ruang-ruang basah, seperti kamar mandi. Bila warga telah mengenali “kamar mandi prefabrikasi”, ada juga langkah yang lain tidak kalah gampang, cepat, serta relatif dapat dijangkau. Bukannya mengusapt ruang serta membuat bilik kamar mandi dengan dinding bata, pemilik rumah atau perancang project dapat pilih papan gipsum. Papan gipsum dapat mengirit waktu pembuatan serta tenaga konstruksi.

Baca Juga: taco hpl

Salah satunya fakta intinya, sebab papan gisum tidak memerlukan acian serta waktu pengeringan. Tentunya, tipe papan gipsum yang dipakai untuk ruang-ruang dengan tingkat kelembapan tinggi seperti ini harus juga sesuai. Disamping itu, sesudah lakukan instalasi partisi gipsum, pemakainya perlu melapisi kembali lagi gipsum itu dengan keramik. Technical Manajer USG Boral, Indra Budi Wibowo menerangkan, sekarang ini telah ada gipsum tahan air. Gipsum itu berupa seperti papan kalsium silikat, tetapi bebas asbestos serta tidak beresiko. Pada Kompas.com di Jakarta, Jumat (8/8/2014), Indra menerangkan jika selama ini baru ada satu brand di dunia yang tawarkan papan gipsum kuat itu. “Saat ini ada gipsum tahan air. Memiliki bentuk seperti kalsium silikat. Ini bebas asbestos, tidak beresiko. Kecuali tahan air, gipsum ini tahan bentrokan di tempat koridor. Kekuatannya dekati bata. Akustiknya baik, susah terbakar, serta dibuat dari gipsum sintetik. Kuat, aman, dapat dibikin beberapa macam (bentuk), tahan gempa, sederhana, tahan jamur, memakai bahan hasil daur lagi, serta 0 TVOC,” tutur Indra. Papan gipsum dengan merek dagang USG Fiberock Aqua-Tough ini, menurut Indra, mempunyai beberapa keunggulan dibanding tipe papan gipsum standar. Minimal ada empat keunggulan, yakni aman buat kesehatan, dapat menahan suara, kuat, serta ramah lingkungan. Papan gipsum ini juga telah dapat dibuktikan dapat meredam rembetan api semasa tiga jam. Artikel Terkait : harga kalsiboard

Bila berlangsung situasi genting seperti kebakaran serta gempa bumi, pemakaian papan gipsum relatif bertambah aman serta memberi peluang semakin besar untuk proses eksodus. Sejauh ini, papan gipsum standar mempunyai keunggulan berbentuk kepraktisan, keringanan instalasi, keringanan perbaikan, serta tak perlu ada perawatan spesial. Karakter ini masih ada di USG Fiberock. Proses pemangkasan serta perbaikannya sama dari papan gipsum standard. Memang, Indra tidak menolak fakta jika harga gipsum seperti ini masih mahal. Tiap lembar papan gipsum memiliki ukuran 1,2 m x 2,4 m dengan ketebalan 1/2 inchi dapat dibandrol pada harga seputar Rp 300.000. Sesaat, papan gipsum standar, cuma sekitar Rp 70.000. Indra optimis, untuk proyek-proyek besar, gipsum ini justru memberikan keuntungan. Masalahnya tenaga konstruksi yang dibutuhkan semakin sedikit serta lebih cepat penyelesaiannya. Selama ini, beberapa gedung juga telah memakainya, diantaranya Rumah Sakit Boromeus, Wisma 77, Manhattan Tower, serta Windsor Apartment.

READ  Yuk Intip Model Kanopi Baja Ringan Untuk Garasi Rumah