Tips Mudah Hitung Kebutuhan Keramik Lantai

Dalam proses pembangunan atau perbaikan rumah, finishhing lantai dengan keramik jadi poin utama untuk dilaksanakan. Tidak hanya sebab membuat tenteram penghuninya, tetapi lantai keramik menolong memberi situasi serta mood baik di rumah. Langkah kalkulasi keperluan keramik perlu kamu kenali, nih!

Langkah Kalkulasi Keperluan Keramik Lantai Paling mudah Untuk Rumahmu
Macam Macam Keramik
Ada beberapa macam keramik yang ada. Keramik seharusnya diputuskan sesuai keperluan serta peletakan ruang. Misalkan, keramik lantai memiliki bahan kesat condong licin pas dipakai pada bagian ruangan tamu serta tempat keluarga.

Sedang keramik dengan struktur cukup kasar pas untuk sisi kamar mandi supaya menahan seorang tergelincir.

Baca Juga : keramik dinding kamar mandi

Berikut beberapa jenis keramik yang direferensikan untuk lantai rumah:

Keramik Biasa
Ini ialah macam keramik yang umum dipakai untuk ruangan tamu, tempat keluarga, sampai dapur. Ukuran bermacam, dimulai dari 20 cm x 20 cm sampai 80 cm x 80 cm.

Keramik ini menyediakan warna yang biasa, seperti putih, merah maroon, hitam, dan lain-lain. Sebab karakternya yang licin, keramik ini tidak dianjurkan untuk ditempatkan di kamar mandi.

Keramik Kuadrat
Keramik persegi tiada glasir ini dibuat dari tanah liat yang memberikan nuansa sejuk untuk rumah. Umumnya memiliki warna merah, krem, serta cokelat.

Keramik Homogeneous Tile
Jika keramik yang ini adalah produksi pabrik sama ukuran yang besar. Sekarang, banyak dipakai untuk rumah memiliki desain minimalis.

Wujud serta teksturnya serupa dengan marmer atau granit. Sebab harga yang lebih ekonomis dibandingkan marmer, beberapa orang yang pilih keramik ini.

Keramik Pavers Unglazed

Artikel Terkait : harga keramik dinding kamar mandi
Nama lain dari keramik ini ialah saltilio. Sebab dibikin dengan tangan, karena itu ukuran tidak sama atau acak. Umumnya dipakai untuk lapisan dinding dapur atau teras.

Keramik Teraso
Lain kembali dengan keramik teraso. Pola serta warna yang bermacam membuat pas untuk rumah yang pengin dikasih nuansa entik serta classic. Wujud serta opsi berwarna berkesan eksklusif serta everlasting hingga pas untuk semuanya sisi ruang rumah.

READ  Buat Kamu yang Suka Dunia Ilmu Pengetahuan, Yuk Intip Genre Film Ini

Panduan Pilih Keramik
Nah, saat sebelum kamu mengenali langkah kalkulasi keperluan keramik, kamu harus juga tahu langkah pilih keramik. Minimal pikirkan beberapa hal di bawah ini:

Samakan dengan ruang
Keramik untuk lantai akan mendukungmu memperoleh nuansa spesifik yang kamu kehendaki. Ini balik lagi untuk filosofi rumahmu serta semacam apa situasi yang kamu alami waktu ada di dalam rumah.

Oleh karena itu, memilh keramik harus juga disamakan dengan warna tembok. Misalkan, bila kamu pengin merasai nuansa tenang, dianjurkan pilih keramik memiliki warna hijau telur asin.

Sedang warna putih pas untuk yang menyukai dengan kesan-kesan bersih serta memberi kesan-kesan ruang yang luas. Sera warna biru muda pas untuk tempat kamar mandi, dan lain-lain.

Tentukan sama keperluan
Selanjutnya, tentukan lah keramik sama keperluan. Yakinkan struktur keramik tenteram buat kamu pijak serta mendukung peranan dari ruang itu. Jangan pilih struktur licin untuk ruang tempat bermain anak atau kamar mandi.

Mencari harga terjangkau
Bila kamu telah sesuaikan dengan 2 alasan di atas, karena itu mencari lah keramik yang mempunyai harga terjangkau. Untuk keramik biasa memiliki warna putih ukuran 30 cm x 30 cm, harga per dus nya dapat kamu peroleh dimulai dari Rp 31 ribu-an.

Selanjutnya keramik homogeneous tile dipasarkan sejumlah Rp 39 ribu per dus, serta keramik termahal ialah yang memiliki bahan marmer pada harga beberapa ratus ribu rupiah sampai juta-an rupiah.

Kamu perlu mengenali langkah kalkulasi keperluan keramik, hingga prediksi anggaran juga dapat dijumpai saat sebelum pembangunan atau perbaikan rumah.

Langkah Kalkulasi Keperluan Keramik
Langkah kalkulasi keperluan keramik sudah pasti menyertakan penghitungan matematik. Tetapi, kamu tidak perlu cemas. Karena ada langkah kalkulasi keperluan keramik yang gampang. Kerjakan perhitungan sama seperti yang di bawah ini:

1. Kalkulasi luas lantai ruang yang pengin di lapisi dengan keramik.
Misalkan, panjang 6 mtr. serta lebar 6 mtr.. Sebab luas dibuat dari perkalian panjang serta lebar, karena itu 6 mtr. panjang lantai ruang harus dikali dengan 6 mtr. lebar. Itu berarti luas lantai yang akan dikeramik ialah 36 mtr. persegi.

READ  20 Desa Di Klaten Mulai Krisis Air Bersih

2. Kalkulasi luas keramik pada sebuah dus.
Step ke-2 dari langkah kalkulasi keperluan keramik dengan hitung luas keramik. Sama seperti yang telah diterangkan awalnya, keramik mempunyai ukuran yang beragam, dimulai dari 20 cm x 20 cm, 30 cm x 30 cm, dan lain-lain.

Selanjutnya pada sebuah dusnya, akan berisi beberapa keramik yang banyaknya variasi. Misalkan 1 dus isi 11 keping, 25 keping, 30 keping, dan lain-lain.

Langkah kalkulasi keperluan keramik yang betul yaitu mengkonversikan unit cm. (cm) jadi mtr. (m) untuk ukuran keramik dengan membagi 100. Selanjutnya, kalikan dalam jumlah keping yang ada dalam 1 dus keramik.

3. Kalikan luas lantai ruang dengan luas keramik.
Selanjutnya, langkah kalkulasi keperluan keramik paling akhir dengan mengkalikan 2 hasil penghitungan awalnya. Hasil kesempatan ini akan memperlihatkan keperluan keramik dalam unit dus. Untuk lebih detilnya, kamu dapat memerhatikan perumpamaan ini:

Contoh 1
Dijumpai panjang serta lebar satu lantai ialah 6 m x 6 m.

Selanjutnya keramik yang diputuskan yaitu ukuran 20 cm x 20 cm dengan isi 25 keping per dus.

Karena itu, langkah kalkulasi keperluan keramik seperti berikut:

Luas lantai 6 m x 6 m = 36 m persegi.

Alterasi ukuran keramik ukuran 20 cm x 20 cm ialah 0,2 m x 0,2 m.

Karena itu, 0,2 m x 0,2 m x 25 keping = 1 m persegi.

Jadi, keperluan keramik ialah 36 m persegi x 1 m persegi = 36 dus keramik.

Contoh 2
Dijumpai panjang serta lebar satu lantai ialah 7 m x 7 m.

Selanjutnya keramik yang diputuskan yaitu ukuran 30 cm x 30 cm dengan isi 11 keping per dus.

Karena itu, langkah kalkulasi keperluan keramik seperti berikut:

Luas lantai 7 m x 7 m = 49 m persegi.

Alterasi ukuran keramik ukuran 30 cm x 30 cm ialah 0,3 m x 0,3 m.

Karena itu, 0,3 m x 0,3 m x 11 keping = 0,99 m persegi.

Jadi, keperluan keramik ialah 49 m persegi x 0,99 m persegi = 48, 51 atau dibulatkan jadi 49 Â dus keramik.

Demikian lah langkah kalkulasi keperluan keramik. Melakukan renovasi rumah mimpi sekarang dapat gampang direalisasikan dengan memakai utang dana. Sampaikan saja KTA melalui CekAja.com saat ini !