Tips Desain Rumah Minimalis Paling Nyaman

Tidak semua orang bisa mempunyai rumah yang luas dan nyaman. Hal ini biasanya dikarenakan faktor dana atau ketersediaan lahan yang semakin sempit. Untuk itu pemilik rumah harus pandai mengatur ruangan supaya tidak terlalu sempit.

Mempunyai rumah yang minimalis bukanlah masalah, asalkan kita tahu bagaimana cara menempatkan barang dan perabotannya. Untuk itu berikut adalah tips membuat rumah minimalis lebih nyaman.

Maksimalkan ruang

Hindari menempatkan barang yang tidak perlu. Juga jangan terlalu banyak menaruh perabotan di lantai. Alternatifnya Anda bisa meletakkannya di rak dinding untuk menyimpan barang, atau rak TV yang ukurannya lebih kecil dari meja.

Jangan meletakkan pembatas ruangan yang berlebihan

Rumah minimalis membuat ruang menjadi lebih kecil. Maka dari itu perlu pembatas ruang untuk memisahkan ruang satu dengan ruang lainnya. Akan tetapi hindari menggunakan pembatas ruangan yang berlebihan.

Anda bisa mencoba seperti beberapa ruangan dijadikan satu tanpa sekat dinding dan diganti dengan perabotan dengan fungsi serupa seperti pembatas. Contohnya adalah meletakkan rak sederhana.

Pilih Cat yang tepat

Untuk rumah minimalis, akan lebih baik bila memakai warna cat putih atau yang lebih terang untuk menghadilkan kesan lapang. Akan tetapi jangan terlalu banyak memberikan warna. Contohnya cukup dengan perpaduan putih, abu-abu terang dan aksen kayu.

Pakai cermin

Banyak yang menyarankan untuk memberikan cermin di dalam rumah minimalis. Alasannya cermin mempunyai sifat memantulkan bayangan sehingga menciptakan ilusi optik yang membuat rumah seakan-akan lebih besar. Semakin besar ukuran cermin maka akan semakin baik.

Perlengkapan rumah tangga unik

Tidak sulit untuk mendapatkan perabotan dengan bentuk yang unik. Anda bisa menambahkannya di dalam ruangan supaya menjadi lebih menarik dan tidak merasa bosan.

Atur pencahayaan dan sirkulasi udara

Yang tidak kalah penting adalah mengatur arah cahaya dan sirkulasi udara. Jika rumah menghadap ke arah matahari terbit, maka Anda akan mendapatkan manfaat sinar matahari pagi yang bagus untuk kesehatan. Selain itu hal ini juga bermanfaat untuk mengurangi kelembaban di ruangan.

READ  Yuk Intip Harga Cat Besi Nippon Paint 1 Kg

Di samping itu jangan lupa untuk mengatur penerangan rumah supaya tidak redup. Anda juga perlu memastikan bahwa sirkulasi udara bekerja dengan maksimal.

Itulah tips sederhana untuk membuat rumah minimalis menjadi nyaman. Anda juga bisa mengambil referensi dari tips lainnya atau berkreasi sendiri. Walaupun rumah minimalis mempunyai ruangan yang terbatas, bukan berarti ruangan di dalam rumah menjadi sempit, bukan?