Ternyata Parket Laminate Tahan Gores dan Tahan Air!

Jika IDEA lovers berkunjung ke toko bangunan, atau jalan-jalan di pameran material, IDEA lovers kemungkinan dengar arti parket laminate untuk penutup lantai. Benda apa sebetulnya ini?

Parket laminate dapat disebut adalah peningkatan dari parket (lantai kayu). Dahulu, pada saat kayu masih ada dalam jumlah banyak, lantai kayu dibuat dari kayu kompak.

Tetapi saat kayu mulai sangat jarang, di situlah pengembangan mulai berpijar. Ada apakah yang disebutkan parket laminate.

Parket laminate dibuat dari beberapa lapis material (karenanya dipakai beberapa kata laminate) yang direkatkan jadi satu. Biasanya ada 4 susunan pembentuknya.

Paling bawah ialah susunan pelindung—biasanya melamin—yang berperan membuat perlindungan kayu dari kelembapan yang diakibatkan lantai yang telah ada (lantai di bawahnya).

Susunan di atasnya ialah bahan utama—biasanya MDF (medium densityfi berboard) atau HDF (high densityfi berboard). Susunan di atasnya lagi ialah material dekoratif.

Sebab MDF serta HDF mempunyai permukaan polos (tidak bermotif), karena itu diperlukan pola kayu bikinan supaya penampilan lantai seperti terlihat kayu alami.

Susunan memiliki motif kayu ini umumnya dibuat dari resin. Paling akhir, susunan teratas ialah film terbuka yang kuat serta berperan untuk pelindung.

Adanya susunan film ini, parket laminate bertambah tahan gores serta tahan air dibanding parket kayu kompak.

Baca Juga :harga semen gresik

Kekurangan parket laminate, sebab dibuat dari kayu serbuk, dia tidak kuat meredam beban dibanding kayu kompak.

Karenanya bahan ini pas dipakai untuk ruang-ruang yang tidak memikul banyak beban, contohnya ruangan tidur atau ruangan tamu.

Parket laminate umumnya ada dalam 2 jenis ketebalan, yakni 8 mm serta 12 mm.

Untuk keringanan pasang, parket laminate dibuat dengan skemainterlocking di antara lidah serta ceruk.

Artikel Terkait : lantai parket

Pada satu keping, bagian samping kirinya ialah lidah serta bagian samping kanannya ialah ceruk; bagian atasnya lidah serta bagian bawahnya ceruk.
Langkah memasangnya ialah masukkan lidah keping yang satu di dalam ceruk keping lainnya.

Ini tidak sama dengan penempatan Bahan pelindung keramik yang tiap kepingnya harus direkatkan pada lantai yang berada di bawahnya.

READ  Ini Penyebab Penyidik Perbaiki Berkas Pemalsuan SNI

Baca : Ini Trick Rahasia Jagalah Permukaan Batu Alam pada Fasad, Imbuhkan Coating Spesial!

Di sini perekat diperlukan, tetapi cuman untuk tempelkan di antara satu keping dengan keping yang lain (lem dioles-oleskan di bagian lidah serta ceruk).

Dengan langkah ini, penempatan parket laminate bertambah lebih gampang, seperti menempatkan puzzle.

Serta disamping itu, sebab tak perlu direkatkan ke lantai bawahnya, penutup lantai ini dapat diterapkan pada lantai yang telah ditutup keramik atau bahan yang lain. Ringkas, kan?