Teknik Memasang Kabel di Dinding

Demi keselamatan Anda, produk listrik harus dipasang sesuai dengan Peraturan Bangunan setempat. Jika ragu, atau jika diharuskan oleh hukum, berkonsultasilah dengan orang yang kompeten yang terdaftar dalam skema sertifikasi mandiri listrik. Informasi lebih lanjut tersedia online atau dari Otoritas Lokal Anda.

Jangan pernah mengambil risiko dengan keamanan listrik. Sebelum Anda memulai segala jenis pekerjaan listrik, Anda harus mengikuti tindakan pencegahan keamanan berikut:

  • Matikan daya utama di unit konsumen / kotak sekering. Isolasi sirkuit yang Anda rencanakan untuk dikerjakan dengan melepas sekering sirkuit. Letakkan ini di saku Anda untuk menghindari penggantian yang tidak disengaja
  • Atau matikan pemutus dan kunci jika Anda bisa
  • Lampirkan catatan ke unit untuk memberi tahu Anda sedang mengerjakan sirkuit
  • Periksa apakah sirkuit mati dengan tester socket atau voltase tester / meter untuk sirkuit penerangan

Anda cukup memasang kabel di permukaan dinding Anda dengan klip, atau menjalankannya melalui trunking plastik yang dapat Anda paku atau sekrup ke dinding (beberapa jenis bahkan perekat diri). Itu ide yang baik untuk mengarahkan mereka di sepanjang papan pinggir dan di sekitar kusen pintu dan jendela sehingga mereka tidak akan mencolok.

Tapi untuk hasil yang benar-benar rapi, Anda harus menyembunyikannya. Di dinding yang kokoh, Anda perlu memotong saluran (atau ‘kejar’) di plester dan menjalankan kabel melalui saluran plastik oval atau, untuk panjang lebih panjang, penutup ‘topi top’.

Langkah 1
Selalu jalankan kabel secara vertikal ke fitting di dinding yang kokoh sehingga Anda akan tahu perkiraan posisinya ketika pekerjaan selesai. Rencanakan rute saluran menggunakan level roh atau garis tegak lurus dan tandai dengan pensil. Periksa dengan detektor kabel untuk memastikan Anda tidak akan merusak kabel atau pipa yang ada secara tidak sengaja. Mengenakan sarung tangan tebal dan kacamata keselamatan, potong saluran dengan guling dan palu klub, membuatnya 6mm lebih lebar dari saluran atau penutup. Potong hingga kedalaman saluran, ditambah sekitar 3mm.

Langkah 2
Potong plastik capping atau saluran memanjang dengan gergaji besi dan memberi makan kabel. Capping dipasang ke dinding dengan paku batu; saluran terkunci ke klip dipaku ke dinding, atau dapat dengan mudah dipegang dengan paku batu didorong di setiap sisi. Either way, kabel akan dipegang teguh oleh plester ketika Anda mengisi saluran.

READ  Ini Dia Kesalahan Menata Di Ruangan Sempit

Jangan lupa baca ini: warna cat rumah

Langkah 3
Isi saluran dengan plester tambalan atau pengisi ke dalam sekitar 3mm dari permukaan dinding. Setelah selesai, tambahkan layer lain dengan permukaan dinding. Ketika pengisi telah diatur, ringan gosokkan untuk hasil akhir yang sempurna.