Cara Membuat Rak Dinding yang Benar

Rack dinding berubah menjadi satu diantara interior yang ada dalam rumah. Manfaat dari rack ini tidak hanya buat menaruh beberapa benda serta hiasan, ialah untuk membuat cantik dinding di dalam rumah. Terus, bagaimana caranya bikin rack dinding sendiri dalam rumah? Berikut yang wajib menjadi perhatian.

Sediakan Bahan serta Alat Pengerjaan Rack Dinding Melayang-layang
Jadi langkah pertama dalam trik bikin rack dinding yaitu dengan menyediakan bahan serta alat yang dibutuhkan. Buat berbahan sendiri ada sekian banyak yang penting buat Anda lakukan persiapan secara baik. Dimulai dari bahan khusus seperti kayu serta pelengkapnya. Berikut daftarnya:

  • Kayu atau tripleks dengan ukuran 12 mm
  • Plat besi mempunyai ukuran 3mm dengan panjang 7-10 cm sejumlah 2 buah
  • Plat besi mempunyai ukuran 3mm dengan panjang 26 – 35 cm sejumlah 2 buah
  • Cat kayu
  • Lem kayu memiliki kualitas baik
  • Paku serta sekrup
  • 4 buah fisher s6

Seusai semua bahan udah komplet, Anda juga mesti menyediakan perabotan yang bakal dimanfaatkan dalam bikin rack itu. Sejumlah daftar alat ini salah satunya:

  • Mesin las
  • Gerinda tangan
  • Palu serta obeng
  • Bor serta mata bor besi dengan ukuran 6 mm serta mata bor buat tembok 6 mm
  • Gergaji kayu

Cara Bikin Rack Dinding

Saat ini, Anda lantas dapat mengawali bikin rack sendiri dalam rumah. Pada prinsipnya, trik bikin rak dinding dengan ringan ini terdiri dalam tiga perihal penting. Dimulai dari bikin bracketnya serta dilanjut dengan bikin raknya. Baru pada proses paling akhir ini yaitu penempatannya. Bagaimana sedetilnya? Lebih baiknya baca jalannya dibawah berikut ini.

1. Buat Bracketnya
Buat bracket Anda mesti menyediakan plat dari besi dengan mutu terhebat biar tambah kuat. Anda lantas bisa memakai bahan besi ini dari tersisa teralis jendela yang tak terpakai biar makin irit. Setelah itu, buat lubang lebih kurang 6 mm dengan memanfaatkan bor di ke dua segi pelat besi yang mempunyai ukuran lebih kurang 7 cm.

Proses seterusnya, melakukan pengelasan di plat besi dengan ukuran 2 cm pada bagian tengah yang udah dilubangi barusan serta membuat huruf ‘T’. Buat mengawasi besi biar tak berkarat, Anda bisa melapisinya dengan cat anti karat sesuai kebutuhan.

READ  Ini Dia Kesalahan Menata Di Ruangan Sempit

2. Proses Bikin Rack
Cara seterusnya yaitu dengan bikin papan rack itu. Pertama, Anda dapat memangkas tripleks dengan ukuran tersendiri. Tegaskan ukurannya pun sama dengan ukuran bracketnya. Rakitlah tripleks ini dengan memanfaatkan lem kayu di setiap sambungan biar berubah menjadi bertambah kuat.

Pakai paku ataupun sekrup yang udah disediakan barusan dalam menyambung sisi rack. Apabila menghendaki hasil yang maksimum, dapat juga dengan memanfaatkan paku angin. Tutuplah sisi samping tripleks dengan memanfaatkan dempul serta haluskan dengan amplas hingga rata. Paling akhir, cat lah rack yang udah dibikin sama dengan warna yang dikehendaki.

3. Menempatkan Rack Tempel
Cara paling akhir dari trik bikin rack dinding buat interior rumah yaitu dengan menempatkan rack pada dinding. Anda mesti mengenali sisi dinding yang bakal dipasangkan rack. Buat lubang lewat cara dibor serta pakailah fisher S6 di tiap-tiap lubangnya. Seusai tuntas, Anda dapat menempatkan bracket memanfaatkan obeng ataupun sekrup. Ketika penempatan itu Anda bisa memanfaatkan waterpass biar bertambah kelihatan presisi. Seandainya udah sejajar, Anda lantas bisa memasangnya dengan perlahan-lahan.