Ini Penyebab Semen Merah Putih Dinilai Merusak Lingkungan

Beberapa puluh penduduk yang terkait dalam Jaringan Orang Perduli Bayah (JMPB) mengerjakan kesibukan penanaman kembali lagi pohon di Hulu Sungai Cipicung Desa Darmasari Kecamatan Bayah Kabupaten Lebak Propinsi Banten. Kesibukan penanaman kembali lagi pohon untuk usaha pemulihan serta normalisasi Sumber Mata air Cipicung oleh Penduduk Cipicung, Group Pemuda, Orang Rutinitas serta Aparat Desa. Minggu (17/3/2019).

Simak Juga : semen merah putih

Aktivis (JMPB) Henriana Hatra mengungkap terhadap mass media, keadaan kurang lebih hulu sungai itu sangatlah bersisihan, cuma punya jarak 25 mtr. dengan tiang pancang conveyor perusahaan produsen pabrik semen merah putih PT Cemindo Bersinar.

“Masalah ini bikin hilangnya wilayah tangkapan air disekitar hulu. Oleh karena itu, persediaan air bersih untuk kurang lebih 600 KK, yaitu penduduk Cipicung, Kampung Sawah berubah menjadi terusik,” papar Henriana.

Menurut dia, waktu musim kemarau datang, debet air sangatlah minim serta hampir kering, serta dimusim penghujan sebab tidak lagi ada banyak pohon yang memiliki fungsi untuk Water Catchment, material lumpur menerjang wilayah pemukiman dibawahnya.

Menurut Henri, menunjuk pada ketetapan Presiden Republik Indonesia nomor 32 Tahun 1990 perihal Pengaturan Wilayah Lindung, Clausal 11 jika “Perlindungan pada wilayah serapan air dijalankan untuk memberikannya ruangan yang cukup buat peresapan air hujan pada wilayah khusus untuk kepentingan penyediaan kepentingan air tanah serta penangkalan banjir, bagus buat wilayah bawahannya ataupun wilayah yang perihal” serta Clausal 20 “Syarat-syarat wilayah kurang lebih mata air merupakan setidaknya dengan jari-jari 200 mtr. di kurang lebih mata air”.

JMPB pula menilai kesewenang-wenangan perusahaan atas pengabaian lingkungan untuk sumber penghidupan orang yang membuat tidak setimbangnya ekosistem lingkungan Sumber Mata Air.

“PT Cemindo, harusnya responsif dengan mengontrol tutupan rimba di kurang lebih hulu sungai,” papar Henri.

READ  Ini Dia Cara Memilih Cat dan Peruntukannya