Ini Dia Harga Grill Penutup Saluran Air Variatif

Selokan atau aliran air perlu dikasih penutup spesial agar sampah tidak gampang masuk di dalamnya. Penutup aliran air atau yang umum disebutkan dengan arti grill/gutter ini biasanya direncanakan dengan bentuk berongga atau berlubang-lubang agar tidak menghambat saluran air ke arah selokan. Tipe grill penutup aliran ada berbagai macam. Harga banderolnya juga variasi, bergantung design, ukuran, serta bahan dari grill tersebut.

Di pasar biasanya ada grill cover aliran yang dibuat dari stainless steel, besi cor (cast iron), sampai yang dibuat dari fiber. Mengenai harga grill penutup aliran memiliki bahan stainless steel hollow dipasarkan pada harga Rp700 ribu untuk ukuran 3 cm x 3 cm, dengan tebal 1 mm (100 cm x 25 cm). Ada pula grill cover ukuran 40 x 50 cm berbahan besi siku seharga Rp550 ribu, sampai gutter plate dengan frame NE ukuran 1.000 x 300 x 60 mm tebal 1 mm harga capai Rp2,34 juta.

Di teritori Kota Depok, Dinas Pekerjaan Umum serta Pengaturan Ruangan (DPUPR) menggagas pemakaian penutup aliran berbahan fiber di selama Margonda. Masalahnya grill atau penutup aliran air berbahan besi sejauh ini seringkali hilang dicuri beberapa orang tidak bertanggungjawab. “Hampir 60 % (penutup) tali air selama Margonda hilang, serta itu yang ditukar dengan bahan fiber,” tutur Kepala Dinas PUPR Depok, Manto Djorjghi, Februari 2019 lalu, seperti dikutip Kompas.

Menurut Manto, grill cover berbahan fiber semakin aman dari tindak perampokan dibanding penutup memiliki bahan besi. Masalahnya penempatan penutup memiliki bahan fiber semakin kuat, hingga relatif semakin susah dicuri orang. “Seringkali terpasang grill memiliki bahan besi, tetapi tetap hilang. Jadi kami alihkan ke bahan fiber, dinyatakan tidak hilang,” papar Manto.

Meskipun penutup aliran air dengan fiber dibandrol pada harga yang tambah mahal dibanding grill memiliki bahan besi, Manto pastikan bila grill fiber benar-benar susah untuk dicuri. Dia serta menjelaskan bila satu grill memiliki bahan fiber harga Rp700 ribu, harga itu 2x lipat dari grill biasanya yang memiliki bahan besi. “Walau mahal, fiber ini semakin awet, anti karat serta anti perampokan,” kata Manto.

READ  Ini Penyebab Semen Merah Putih Dinilai Merusak Lingkungan