Ini Alasan Gedung Balai Desa ini Diklaim Tahan Gempa

Bangunan Balai Dusun Jayapura, Kecamatan Cigalontang, Kabupaten Tasikmalaya diklaim tahan gempa. Balai dusun ini menyengaja dibuat agar bisa meredam guncangan yang disebabkan oleh rutinitas gempa bumi.

Pada 2009 lalu, gempa mengguncangkan Jawa Barat. Gempa itu menghancurkan lebih dari 11.939 bangunan. Tasikmalaya jadi salah satunya wilayah yang terimbas cukup kronis.

Baca Juga : Batako

Balai Dusun Jayapura sendiri alami kerusakan kronis pada peristiwa gempa 11 tahun lalu itu.

Saat akan dibuat kembali lagi, Pemkab Tasikmalaya dan BPBD memuturkan untuk membuatan balai dusun dengan ide bangunan tahan gempa. Nyaris 70 % bahan yang dipakai memakai kayu khususnya di bagian dasar atap.

Balai Dusun Jayapura Kabupaten Tasikmalaya. [Ayotasik.com]
Kepala Dusun Jayapura, Suratman menjelaskan, dinding balai dusunnya memakai batu bata dan anyaman bambu. Sedang untuk sisi atap, tidak memakai genteng tetapi memakai hateup dengan bahasa Sunda.

“Fondasinya gunakan kayu dilapis semen, dindingnya gunakan anyaman bambu. Semua ide ramah gempa, ” sebut Suratman, Rabu (18/11/2020).

Sesungguhnya, lanjut Suratman, ide rumah masyarakat Dusun Jayapura telah memakai ramah gempa. Ini disaksikan dari jumlahnya rumah yang seperti pentas dan dibuat semi tetap dengan bahan kayu, bilik bambu.

Simak Juga : harga batako hebel
Untuk menyambung satu kayu dengan kayu yang lain memakai paku.

“Sebenarnya telah tahan gempa rumah masyarakat di sini. Umumnya semi tetap. Waktu gempa yang hancur kronis malah yang tempat tinggalnya itu tetap berdinding tembok,” tutur Suratman.

READ  Jangan Lewatkan Ide Mengolah Ruang dengan Aksen Fungsional dan Estetik